KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2017

Penyuluhan Penerapan Akuntansi Dasar dan Tata Cara Pemasaran Online Serta Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah kegiatan rutin dan biasa diadakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang di setiap semester. Kegiatan yang diketuai oleh Ibu Henni Rahayu Handayani, S.H., M.H. ini menjadi sedikit berbeda dari kegiatan PKM biasanya karena diadakan di salah satu yayasan tuna netra dan peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para penyandang disabilitas (tuna netra). Meskipun mereka terlihat sebagai penyandang disabilitas namun mereka adalah seorang pelajar, mahasiswa dan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang tiada disangka-sangka yaitu, Strata I (S1) dan Strata II (S2).

Yayasan Raudhatul Makfufin adalah taman tuna netra yang mewadahi para penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan, khususnya dalam ilmu pengetahuan Islam, produktifitas Al-Qur’an braille, dan juga seni seperti hadroh, marawis dan nasyid. Dibawah pengawasan seorang ketua harian di Yayasan Raudhatul Makfufin, Buaran-Serpong yaitu Bapak Budi Santoso, S.Sos yang juga adalah penyandang disabilitas. Pada sambutannya dalam kesempatan acara PKM ini sosok beliau yang cerdas, sederhana, ramah dan terbuka menerima para dosen Akuntansi S1 Universitas Pamulang dengan sangat baik.

Materi pertama disampaikan oleh Bpk Muhammad Rizal Saragih, S.E., M.M. tentang Akuntansi Dasar mendapatkan sambutan yang sangat baik dikarenakan kurangnya pemahaman mereka terhadap akuntansi. Selama ini mereka sering mendengar kata “Akuntansi” namun mereka tidak tahu apa itu Akuntansi. Ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta PKM.

Selanjutnya Bpk Anis Syamsu Rizal, M.Pd. yang menyampaikan materinya tentang Tata Cara Pemasaran Online. Begitu sangat antusias sambutan seluruh peserta dalam menerima materi kedua ini. Hal Ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan seputar pemasaran online yang sedang marak di era sekarang. Sehingga pertanyaan tersebut langsung dijawab spontan oleh Pak Ical (panggilan akrab Bpk Anis Syamsu Rizal, M.Pd) untuk mengadakan pelatihan dan praktek langsung tentang pemasaran online dengan mendatangkan para voulentir secara gratis tanpa dipungut biaya. Semakin pecahlah tepuk tangan dari seluruh hadirin di ruangan tersebut yang berjumlah sekitar kurang lebih 73 orang.

Terakhir, pemaparan materi tentang Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas oleh Ibu Henni Rahayu Handayani, S.H., M.H. Pada paparan ketiga ini, banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh peserta PKM diantaranya, Ibu Dwi dan Mas Ilham. Ibu Dwi yang berlatar belakang pendidikan S2 ini menanyakan tentang apa saja hak-hak yang dimiliki oleh penyandang disabilitas dan upaya apa yang dilakukan oleh UNPAM dalam mengatasi keberadaan penyandang disabilitas di wilayah Tangerang Selatan ini, sedangkan mas Ilham bertanya apakah relevansinya antara hak-hak yang terdapat dalam pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dengan peraturan tentang Dosen dan Guru yang mencantumkan tentang seorang dosen ataupun guru harus sehat jasmani dan rohani.

Acara yang tidak kalah serunya adalah pada sesi tanya jawab, begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta sehingga seluruh dosen yang hadir juga turut serta dalam menjawab dan menjelaskan apa yang ditanyakan oleh para peserta. Selanjutnya, pemberian hadiah kepada 3 orang penanya pertama dengan membuka hadiah tersebut di depan secara bersama-sama. Setelah itu pemberian plakat dan juga sedikit santunan dari para dosen S1 Akuntansi kepada Yayasan Raudhatul Makfufin yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Putri selaku sekretaris dari Yayasan Raudhatul Makfufin. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Bpk Rusdi, S.P., M.Si, suasana hening dan khidmat.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id