KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2017

Dosen D3 Akuntansi Beri Penyuluhan Akuntansi dan Perpajakan di SMK Al-Falaah

D3 Akuntansi – Dosen D3 Akuntansi Universitas Pamulang (Unpam) kembali menghelat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini, PKM yang berupa penyuluhan pelaporan akuntansi dan perpajakan ini dilaksanakan di SMK Al-Falaah Tanggerang Selatan, Senin (24/7/2017).

Penyuluhan ini, diikuti oleh sedikitnya 60 siswa SMK Al-Falaah. Ada 3 pemateri yang ditampilkan, yaitu Mubarok, SE, M.Si menyampaikan materi pelaporan akuntansi. Budi Setyawan, SE.Ak, M.Ak.CA menyampaikan prinsip, asas, dan implementasi perpajakan di Indonesia. Serta Ganefo Sudirman, SE, M.Ak menyampaikan materi tentang aplikasi akuntansi dan prinsip auditing.

Berdasarkan pantauan,  para dosen nampak mendapatkan sambutan yang sangat baik dari pihak sekolah. Para siswa yang mengikuti penyuluhan juga nampak sangat antusiasi. Mereka mengaku termotivasi untuk lebih dalam lagi mempelajari akuntansi. Bahkan, ada yang secara terang-terangan mengaku ingin menjadi akuntan.

Menurut salah seorang pemateri, Genefo, belajar akuntansi seyogianya tidak berhenti di jenjang SMK. Jika ingin berprofesi sebagai seorang akuntan, para siswa sebaiknya melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Sebab, materi keahlian akuntansi yang diberikan di SMK biasanya lebih kepada dasar-dasar pengaplikasian akuntansi yang sifatnya sederhana dan berprinsipkan akuntansi berlaku umum.

Di tempat yang sama, Ketua panitia PKM, Arifin, S.Pd, M.Pd.BI mengatakan, PKM ini merupakan salah satu kewajiban setiap dosen. Dalam konteks ini, selaku dosen yang mengajar di Program Studi akuntansi, maka pihaknya ingin memaksimalkan pengamalan ilmu di SMK yang juga menggeluti bidang yang sama.

“Indonesia butuh banyak sekali teknisi-teknisi akuntansi yang qualifield. Sebetulnya cikal bakalnya sudah banyak, yaitu adik-adik siswa SMK ini. Tapi, tidak sedikit mereka yang belum menguasai keahlian standar untuk menjadi seorang teknisi akuntansi. Nah, inilah yang ingin kami benahi,”tutur dosen yang dikenal penyabar dan terfavorit di kalangan mahasiswa ini menjelaskan.(*)

Sumber : akuntansid3.unpam.ac.id