KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2016

Upaya Meningkatkan Ekonomi Ummat di Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat

Pada Akhir tahun 2016 kemarin, tepatnya hari Ahad, 11 Desember 2016, sekelompok dosen Universitas Pamulang (UNPAM), berjumlah 10 orang, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Arif Siaha Widodo, S.E., MM dilatarbelakangi oleh banyaknya warga yang tinggal dalam pesantren, mulai dari dewan guru, santriwan dan santriwati maupun para alumni pesantren, yang merupakan sebuah potensi besar dalam lingkungan pesantren untuk mengembangkan UKM, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di pesantren. Dengan mengambil tema “Membangkitkan UKM Dalam Dunia Pesantren: Upaya Meningkatkan Ekonomi Ummat”, kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan konsep seminar yang dihadiri oleh sekitar 50-an peserta yang datang dari Pesantren Madinatunnajah sendiri.

Tujuan dari kegiatan seminar ini adalah untuk mengembangkan dan membangkitkan usaha kecil dan menengah dalam lingkungan pesantren dalam hal ini khususnya dewan guru dan alumni pesantren Madinatunnajah. Secara umum kegiatan PKM ini dapat terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan dari pihak pesantren serta antusias para peserta dan terciptanya kesadaran akan pentingnya upaya pembangkitan UKM dalam dunia pesantren khususnya di lingkungan Pesantren Madinatunnajah. Di akhir diskusi sempat terjadi diskusi panjang terkait bagaimana tips dan trik mengembangkan usaha yang cocok untuk dikembangkan di pesantren tersebut, dipilihlah roti murah berkualitas yang akhirnya mengerucut akan dijadikan sasaran pengembangan oleh pesantren Madinatunnajah dalam beberapa tahun kedepan.

Di akhir kegiatan, beberapa wakil dari pesantren Madinatunnajah memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan kedepan mereka berharap ada aksi kerjasama yang lebih konkrit terkait dengan pengembangan pesantren ini khususnya. Beberapa saran juga disampaikan untuk kemajuan UKM dan meningkatkan taraf perekonomian lingkungan Pesantren Madinatunnajah secara lebih rinci mengenai :

  • Pengaturan segmentasi pasar,
  • Strategi pemasaran dengan penempatan toko Roti di depan Pesantren,
  • Mempromosikan dan memasarkan produk UKM yang sudah ada tidak hanya dalam lingkungan Pesantren Madinatunnajah,
  • Perlu mengedepankan manajemen strategi yang baik bagi pesantren secara umum mulai dari visi misi lalu memformulasikannya sebagai produk bermutu, sehingga diharapkan Pesantren bisa mandiri dan membiayai operasional dengan unit usaha yang sudah ada, tidak tergantung dengan donatur dan bantuan dari pihak ketiga.