KEGIATAN PENGABDIAN PKM 2016

Pembentukan Karakter Kepemimpinan Pada Generasi Muda

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang tergerak untuk membagikan sedikit ilmu kepada para siswa di SMK Mulia Buana Parung Panjang. Program Pengabdian yang dijalankan pada 17 September 2016 ini menarik minat banyak siswa untuk dapat turut serta. Terhitung lebih dari 30 siswa mengikuti kegiatan ini. Agar mudah tersampaikan dan tercerna oleh para siswa, pemateri menyampaikannya dengan bahasa yang sederhana dan tidak formal. Bahkan berusaha memosisikan diri layaknya teman ataupun kakak.

Dengan mengusung tema “Membentuk Karakteristik Kepemimpinan sebagai Modal Dasar untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”, para dosen antusias untuk membagikan ilmunya kepada generasi muda bangsa tersebut. Setelah sesi pembukaan, sesi pertama dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan diisi oleh Bapak Edian Fahmy, S.E., M.M yang membawakan materi tentang pembentukan karakter. Pembawaan kalemnya memberikan kenyamanan pada para siswa untuk mendengarkan dengan seksama. Selanjutnya Bapak Arif Surahman, S.E., M.M memberikan materi yang menarik dan sangat mengena di dalam diri para remaja, yaitu: Manajemen Waktu. Penyampaian materiyang atraktif dengan sedikit canda, semakin memanaskan gairah para siswa. Benar saja, selepas dibuka sesi tanya jawab, runtutan pertanyaan dari siswa tak kurun habis untuk dijawab.

Para dosen secara bergantian menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para siswa dengan terstruktur. Hampir tak kurang dari 20 pertanyaan terlontar dari para siswa. Kebanyakan dari mereka menanyakan langkah apa yang harus mereka lakukan selepas dari SMK. Hal yang lumrah untuk ditanyakan mengingat ternyata masih ada banyak siswa yang khawatir terhadap masa depannya. Melihat realitas tersebut, semangat pendidik dan kakak menjadi timbul. Secara bertahap para dosen menjelaskan bahwa selepas SMK masih ada kesempatan untuk melanjutkan studi. Universitas Pamulang salah satu strategi tepat untuk melanjutkan studi sekaligus meniti karier secara bersama-sama.

Semakin siang, suasana pembelajaran tersebut menjadi riuh. Suasana keakraban dan canda semakin menggema serasa tidak ada batasan antara para dosen dengan para siswa. Tak terasa waktupun berakhir di pukul 15.30 WIB. Keramah-tamahan SMK Mulia Buana Parung Panjang sangat berkesan bagi para dosen. Bahkan pihak SMK Mulia Buanapun meminta kami untuk kiranya dapat datang lagi untuk memberikan materi lainnya.

Melalui Program Pengabdian ini, diharapkan agar para dosen tidak terlupa oleh generasi muda bangsa yang masih perlu dimatangkan pemikiran dan mentalnya. Masa depan bangsa ini tidak lepas dari peranan generasi muda itu sendiri. Semangat mereka yang menggebu-gebu perlu kita arahkan demi kemajuan bangsa dan negara tercinta ini.(CF)