OPINI OPINI 2020

Jadilah Relawan Peduli Covid-19 Untuk Keluarga dan Lingkungan

HINGGA saat ini masih bergelut melawan virus Corona atau juga di sebut Covid-19, sama halnya dengan negara lain di dunia, jumlah kasus virus Corona pun terus semakin bertambah. Ada beberapa juga yang melaporkan tentang kesembuhan. Kasus covid 19 yang terus bertambah membuat kita melakukan penanganan ekstra dalam pecegahan dan demi melawan covid 19. Hal ini juga membuat pemerintah tidak bisa mengahadapi sendiri maka perlunya segala lapisan masyarakat membantu, salah satunya adalah Relawan.

Relawan adalah seseorang atau kelompok orang yang secara ikhlas karena panggilan nuraninya memberikan apa yang di milikinya ( pikiran, tenaga, waktu,harta, dan lainnya ) kepada masyarakat sebagai perwujudan tanggung jawab sosial tanpa mengharapkan pamrih baik berupa imbalan (upah), kedudukan, kekuasaan, kepentingan maupun karir.

Di kutip dari Kompas.com, berdasarkan data yang di himpun gugus tugas percepatan penanganan covid 19, sebanyak 28.900 jumlah relawan yang telah terdaftar sampai dengan tanggal 4 Mei 2020 menurut Andre (selaku koordinator relawan gugus tugas percepatan covid 19 ), dari keseluruhan jumlah relawan yang mendaftar, untuk relawan di bidang medis ternyata masih belum banyak, dibandingkan jumlah relawan non medisnya. menurut penulis masih kurangnya kehadiran relawan peduli covid 19 dengan jumlah masyarakat Indonesia yang jumlahnya lebih dari 230 juta jiwa.

Menjadi Relawan di butuhkan pengetahuan tentang masalah Covid -19 ini di mulai dari cara pencegahan dan penanganannya .Cara pencegahan Covid -19 di mulai dari Pertama sering mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, Kedua tetap bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, Ketiga tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan, Keempat tidak berjabat tangan, Kelima mengunakan masker yang sesuai dengan kebutuhan jika berada di tempat umum.

Dari informasi dia atas sebenarnya penangan Covid – 19 bisa kita lakukan maka dari itu kita bisa menjadi Relawan, salah satunya menjadi Relawan di keluarga kita sendiri agar keluarga kita bisa terhindar dari Covid 19 ini, kemudian jadilah relawan untuk tetangga dan lingkungan sekitar rumah kita, salah satu langkah kita sebagai relawan untuk mencegah Covid -19 di lingkungan adalah dengan cara selalu mensosialisasikan tentang cara pencegahan Covid -19, kemudian membuat tempat cuci tangan di lingkungan, dan tetap menjaga kebersihan sekitar, memberikan hand sanitizer dan memberikan masker di lingkungan kita.

Untuk menjadi Relawan tidak harus bergabung di lembaga kesehatan maupun lembaga kemanusiaan tapi bisa di mulai dari diri sendiri, yaitu menjadi Relawan di keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Menjadi relawan keluarga dan lingkungan sekitar pun sudah membantu pemerintah dalam penanganan Covid – 19
Rasulullah bersabda “Sebaik – baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia “ ( HR. Ahmad , ath – thabrani.ad – Daruqutni . di hasankan oleh al – albani di dalam Shahihul Jami “ No 3289 )
Semoga virus corona covid 19 ini segera berakhir dan kita bisa kembali hidup sebagaimana mestinya.

Penulis : Imbron SE.M.M.
Dosen Universitas Pamulang, Wakepsek SMK Via Medika dan Relawan Kemanusiaan

Sumber : rakyatmerdekanews.com